Blognya Mahasiswa Komputer

Selasa, 07 Mei 2013

Memperbaiki Hard Disk Bad Sector

Beberapa hari lalu ane coba install linux mint 14 dual boot dengan win 7, namun karena sebuah kesalahan saat membuat partisi yang terjadi malah linux mint 14 nya gak ke install dengan bener, terus waktu mau masuk windows terjadi blue screen. Ane pikir itu hal biasa,  setelah ane coba install ulang windowsnya disitulah masalahnya. disk ane gak ada yang kebaca sama sekali. Ane coba coba cari solusinya di mbah google tapi gak ada yang bisa nyelesain masalah ane. Cukup panik ane liatnya, mana saat install lagi linuxnya muncul peringatan "disk anda tidak terdeteksi, kemungkinan hardisk anda sudah tua atau rusak"
Setelah ane coba tanya sama beberapa temen ane, akhirnya dapet juga solusinya.

Sebenernya hard disk bad sector tidak mengalami kerusakan pada hard disk dan tidak perlu ganti hard disk.
Ada sebuah cara untuk memperbaiki hard disk yang bad sector, namun sayangnya kita harus merelakan semua data kita yang ada di dalam disk tersebut untuk kedelete.
Kita bisa menggunakan sebuah program yang di sebut "Gparted", program ini ada di sistem operasi linux. kelebihan dari linux adalah kita bisa menggunakan OS ini tanpa harus mengisnstall nya terlebih dahulu, ini yang biasa disebut live cd. nahh, dari sini lah kita bisa mengecek keadaan disk kita.

Tutorial
1. Pertama kita harus memiliki CD/DVD/USB booting linux (versi apa aja, bisa     juga ubuntu).
2. Pada saat restarting, tekan tombol fungsi di laptop anda untuk masuk ke menu bios. kemudian di tab Save & Exit pilih disk yang termuat file instalan linux anda.
3. Tunggu sampai masuk linux/ubuntu anda.
4. Kemudian pilih menu System pad bagian taksbar atas -> administration->pilih GParted. di versi lain bisa langsung di ketik pada saat kita buka menu start.
5. Nahh, disitu kita bisa liat gimana disk kita. Biasanya kalau disk kita bermasalah akan ada icon tanda seru warna orange.
6. Kemudian klik kanan pada setiap disk kita, kemudian delete. setelah semuanya di delete kemudian kita restart trus kita masuk lagi ke program gparted kita bisa liat bahwa disk kita belum ada partisinya masih kosong melompong.
7. Lalu masukkan CD installan windows anda trus restart.
8. Silahkan Instal ulang seperti biasanya.

oke, sekian yang bisa ane bagikan kepada anda, jika ada kata-kata yang salah ane minta maaf, karena ane juga baru belajar.

Welcome

Selamat Datang Di Blog Teguh Vage Saputra
Diberdayakan oleh Blogger.

Slider

kjgkujgj

Glider Content

Video

FEATLIST

About Me

TABDIV

Selamat Datang Di Blog Teguh Vage Saputra